Fadlurrahman, Nabil Azky (2023) Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dengan Anak Dalam Proses Pengawasan Pembelajaran Daring (Studi Fenomenologi SDN 08 Teluk Pucung). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201810415130_Nabil Azky Fadlurrahman_Cover - Daftar Isi.pdf Download (580kB) |
|
Text
201810415130_Nabil Azky Fadlurrahman_BAB I.pdf Download (178kB) |
|
Text
201810415130_Nabil Azky Fadlurrahman_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
|
Text
201810415130_Nabil Azky Fadlurrahman_BAB V.pdf Download (153kB) |
|
Text
201810415130_Nabil Azky Fadlurrahman_Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) |
|
Text
201810415130_Nabil Azky Fadlurrahman_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi antarpribadi yang digunakan orang tua dengan anak dalam proses pengawasan pembelajaran daring di SDN 08 Teluk Pucung, Bekasi Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua melakukan pengawasan kepada anak disaat pembelajaran daring belum dimulai, sampai dengan belajar daring selesai dilakukan. Orang tua akan menyuruh anak untuk mempersiapkan aplikasi belajar dan buku pelajaran yang akan dibahas. Ketika belajar daring sedang dilakukan, orang tua akan menemani, dan membantu anaknya, bagi orang tua yang sibuk, mereka akan menyuruh kakaknya untuk mengawasi adiknya yang sedang belajar daring tersebut. Setelah belajar daring selesai dilakukan, orang tua yang sibuk akan mengecek kepada anaknya dengan bertanya tentang tugas yang diberikan oleh gurunya atau tidak, kemudian orang tua menjelaskan kembali materi yang diberikan oleh gurunya kepada anaknya. Komunikasi antarpribadi yang digunakan orang tua dengan anaknya ini dilakukan disaat pembelajaran daring sedang dilakukan, seperti memberikan teriakan dan teguran yang bertujuan agar anak bisa mendengarkan perintah untuk mengingatkan belajar atau memperhatikan gurunya kembali dan mengubah sikapnya untuk belajar kembali. Kemudian orang tua akan berdiskusi dan bernegosiasi untuk menyesuaikan “mood” anak yang tidak baik. Ketika belajar daring selesai dilakukan, biasanya orang tua dan anak akan saling bercerita untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan ketika pembelajaran daring ini diterapkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 05:36 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 05:36 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27630 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year