Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Aptalitha, Thenatha Lintang (2023) Perempuan Dan Video Review Produk Skincare Di Tiktok (Analisis Resepsi Konsep Kecantikan Dalam Video Tiktok @Dillaprb). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810415190_Thenatha Lintang Aptalitha_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810415190_Thenatha Lintang Aptalitha_BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
201810415190_Thenatha Lintang Aptalitha_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810415190_Thenatha Lintang Aptalitha_BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
201810415190_Thenatha Lintang Aptalitha_Daftar Pustaka.pdf

Download (468kB)
[img] Text
201810415190_Thenatha Lintang Aptalitha_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)

Abstract

Sejatinya standar kecantikan akan mengalami perkembangan. Di Indonesia adanya stigma yang berkembang dimasyarakat yang mengatakan bahwa cantik adalah putih. Iklan produk kecantikan berhasil merepresentasikan bahwa cantik itu putih, putih itu bersih, bahkan putih itu sehat. Hingga saat ini, iklan kecantikan masih banyak menggunakan perempuan yang memiliki kulit putih. Hal ini berdampak pada cara pandang para perempuan bahwa memiliki jenis kulit putih, itulah cantik. Oleh karenanya, peneliti ingin mengetahui bagaimana resepsi audiens perempuan dalam memaknai konsep kecantikan kulit putih melalui video TikTok @dillaprb. Penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi dengan pendekatan kualitatif, yang dilakukan dengan wawancara mendalam bersama lima informan. Hasil dari penelitian ini pertama informan yang termasuk dalam kategori dominan, yaitu informan setuju dengan pesan yang disampaikan. Yang kedua, informan termasuk dalam kategori negoisasi, yakni informan setuju dengan pesan yang disampaikan, namun memodifikasinya sesuai pendapat mereka masing-masing. Dan yang ketiga, dimana informan termasuk dalam kategori oposisi, yaitu informan tidak setuju atau menolak dengan pesan yang disampaikan. Kesimpulannya adalah terdapat pergeseran penerimaan pemaknaan cantik itu harus putih, karena cantik itu tidak harus putih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:39
Last Modified: 26 Feb 2024 05:39
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27666

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year