Perancangan Aplikasi Pengenalan Augmented Reality(AR) Benda Bersejarah Berbasis Android Pada Museum Di Kota Tua Jakarta

Tiara, Tiara (2018) Perancangan Aplikasi Pengenalan Augmented Reality(AR) Benda Bersejarah Berbasis Android Pada Museum Di Kota Tua Jakarta. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201410225262_Tiara_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB I)
201410225262_Tiara_BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201410225262_Tiara_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
201410225262_Tiara_BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201410225262_Tiara_Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB)
[img] Text (Lampiran)
201410225262_Tiara_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Museum Sejarah Jakarta atau yang kini dikenal sebagai Museum Fatahillah terletak di jln. Taman Fatahillah No.1 Kota Administratif Jakarta Barat. Namun seiring berjalannya seiring berjalanya waktu masyarakat kurang meminati untuk berkunjung ke museum, karena tampilan museum yang masih terkesan kuno. Informasi yang disampaikan masih menggunakan teks. Augmented Reality adalah sebuah lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya. Oleh karena itu penulis berencana untuk mengembangkan media informasi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality agar lebih interaktif. Dalam proses pembuatan aplikasi ini software yang digunakan adalah Unity 3D menggunakan bahasa pemrograman c# dan Vuforia, serta untuk design objek menggunakan Google SketchUP, Autodeks 3Dmax. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Model Rapid Application Development (RAD). Untuk pengujian aplikasi menggunakan Blackbox. Hasil dari penelitian adalah dengan menggunakan aplikasi ini menghasilkan 93% hasil angket responden informasi menggunakan teknologi Augmented Reality yang ada di museum dengan lebih menarik dan interaktif. Kata Kunci : Museum Sejarah Jakarta, Augmented Reality, Unity 3D, C#, Vuforia, Google SketchUp, Autodeks 3Dmax, Rapid Application Development (RAD).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: Hadi Kusmara, M.Kom, Pembimbing II: Rasim, S.T., M.Kom
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 12 Mar 2019 07:28
Last Modified: 12 Mar 2019 07:28
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1478

Actions (login required)

View Item View Item