Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Alhafiizh, Andico (2020) Pengaruh Akun Instagram Dakwah @syafiqrizabasalamah_official Berdampak Pada Kognitif Followersnya. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201510415164_Andico Alhafiizh_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201510415164_Andico Alhafiizh_BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
201510415164_Andico Alhafiizh_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
201510415164_Andico Alhafiizh_BAB V.pdf

Download (395kB)
[img] Text
201510415164_Andico Alhafiizh_Daftar Pustaka.pdf

Download (502kB)
[img] Text
201510415164_Andico Alhafiizh_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan apakah terdapat “pengaruh” akun instagram dakwah @syafiqrizabasalanah_official terhadap kognitif Followersnya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Teori Uses and Gratification dan terpaan media. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Kuantitatif paradigma Positivistik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner kepada folllowers akun instagram @syafiqrizabasalamah_official. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dengan rumus slovin sebesar 10%. Penulis menentukan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Penulis menggunakan skala likert dengan pengukuran ordinal sebagai alat ukur jenjang pendapat responden. Penelitian ini menggunakan validitas konstruk sebab skala yang di ukur mencerminkan konsep yang di ukur. Pada Varibel X (Akun Instagram) terdapat 20 butir pernyataan yang valid, sedangkan pada Variabel Y (Kognitif Followers) terdapat 2 0 butir pernyataan yang valid. Penulis menggunakan metode enter dalam uji analisis regresi (R) yaitu sebesar 0,862, dengan output statistik koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,742, maka dari itu pengaruh Variabel Akun Instagram (X) terhadap Variabel Kognitif Followers (Y) adalah 7,42%. Nilai F hitung 279,686 dengan taraf signifikasi probabilitas 0.000<0.5, maka model regresi yang dapat dipakai ialah memprediksi variabel terikat (Y). Pada kolom B konstan (a) adalah 4,606, dan nilai Akun Instagram (b) 0,882. Dalam penelitian ini t hitung adalah 16,724 dengan nilai signifikansi 0.000<0,05. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini ialah akun instagram (Variabel X) dalam akun @syafiqrizabasalamah_official berpengaruh kuat terhadap kognitif followersnya (Variabel Y) dengan nilai 0,862 berada di interval 0,60 – 0,799.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:00
Last Modified: 01 Dec 2022 04:00
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16508

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year