Komunikasi Persuasif Wartawan Online GoBekasi.co.id Dalam Melakukan Pendekatan Kepada Narsumber Baru (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Persuasif Wartawan Online GoBekasi.co.id dalam Melakukan Pendekatan Kepada Narsumber Baru)

Regina, Angreani Winata (2018) Komunikasi Persuasif Wartawan Online GoBekasi.co.id Dalam Melakukan Pendekatan Kepada Narsumber Baru (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Persuasif Wartawan Online GoBekasi.co.id dalam Melakukan Pendekatan Kepada Narsumber Baru). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201310415148_Regina Angreani Winata_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
201310415148_Regina Angreani Winata_BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201310415148_Regina Angreani Winata_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text (BAB V)
201310415148_Regina Angreani Winata_BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201310415148_Regina Angreani Winata_Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB)
[img] Text (Lampiran)
201310415148_Regina Angreani Winata_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara komunikasi persuasif yang dilakukan oleh wartawan GoBekasi.co.id dalam melakukan pendekatan awal kepada narasumber. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik penentuan informan yang dilakukan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada saat pendekatan awal sebelum melakukan wawancara, wartawan GoBekasi.co.id melakukan pendekatan dengan cara komunikasi persuasif kepada narasumber. Dalam hal ini komunikasi persuasif dilakukan dengan cara membujuk, bertujuan dapat menimbulkan perubahan yang dilakukan secara sadar ataupun tidak sadar dan dilakukan secara verbal ataupun nonverbal. Wartawan GoBekasi memiliki psikologi komunikator dan psikologi pesan, dimana kredibilitas, atraksi dan kekuasaan wartawan sebagai komunikator menjadi pilar dari keberhasilan komunikasi persuasif yang dilakukannya kepada narasumber baru. Psikologi pesan yang terdiri dari pesan linguistik dan pesan nonverbal juga menjadi pendukung yang kuat untuk membujuk narasumber supaya bersedia untuk diwawancarai. Seperti secara verbal wartawan mengorganisasikan secara sturktur pertanyaan yang akan diajukan olehnya kepada nasrasumber baru. Dan pesan nonverbal wartawan yang dilihat pertama kali oleh narasumber meliputi, bahasa tubuh, sentuhan, prabahasa, penampilan fisik, bau-bauan, orientasi ruang dan jarak, konsep waktu, diam, warna, dan artefak. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif Wartawan GoBekasi.co.id, Pendekatan, kepada Narasumber baru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I: Mia Meilina, S.IP.,M.Comm., Pembimbing II: Astuty Pohan, S.Sos.,MM
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ludfia
Date Deposited: 10 Apr 2019 04:44
Last Modified: 10 Apr 2019 04:44
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item View Item