Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa Di Tambun.

Agistiyanti, Maulidiah (2018) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa Di Tambun. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201410515048_Agistiyanti Maulidiah_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
201410515048_Agistiyanti Maulidiah_BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201410515048_Agistiyanti Maulidiah_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text (BAB V)
201410515048_Agistiyanti Maulidiah_BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201410515048_Agistiyanti Maulidiah_Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB)
[img] Text (Lampiran)
201410515048_Agistiyanti Maulidiah_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak berkebutuhan khusus memiliki kesulitan yang signifikan lebih besar dari anak-anak lain seusianya dalam menyelesaikan pekerjan tugas sekolah, juga dalam berkomunikasi atau berperilaku. Jika orang tua menjalin hubungan untuk melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar maka konsep diri memiliki peranan penting untuk mempengaruhi perilaku yang muncul pada saat melakukan penyesuaian diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri orang taua yang memiliki anak berkebutuhan khusus sekolah luar biasa di Tambun. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik korelasional. Sample yang digunakan sebanyak 100 orang tua dengan hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.689 dengan taraf signifikansi p 0.000 (p < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus sekolah luar biasa di Tambun. Hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi penyesuaian diri, begitupun sebaliknya. Saran penelitian adalah memberikan kegiatan untuk orang tua yang berkaitan dengan penyesuaian diri kepada anak mereka yang mengalami berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Konsep Diri, Penyesuaian Diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Budi Sarasati, S.KM., M.Si
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 05 Apr 2019 06:35
Last Modified: 05 Apr 2019 06:35
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item