Manajemen Waktu sebagai Prediktor Stres Akademik pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Mentari, Nur Irwanthi (2018) Manajemen Waktu sebagai Prediktor Stres Akademik pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201410515103_Mentari Nur Irwanthi_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
201410515103_Mentari Nur Irwanthi_BAB I.pdf

Download (523kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201410515103_Mentari Nur Irwanthi_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (BAB V)
201410515103_Mentari Nur Irwanthi_BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201410515103_Mentari Nur Irwanthi_Daftar Pustaka.pdf

Download (270kB)
[img] Text (Lampiran)
201410515103_Mentari Nur Irwanthi_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Transisi dari masa remaja ke masa dewasa disebut sebagai dewasa awal atau emerging adulthood yang terjadi dari usia 18 sampai 25 tahun. Ciri-ciri pada masa dewasa awal diantaranya eksperimen dan eksplorasi. Ciri-ciri dewasa awal, antara lain adalah eksplorasi identitas, ketidakstabilan, terfokus pada diri, merasa seperti berada di peralihan, dan usia dengan berbagai kemungkinan untuk merubah kehidupan individu. Ketidakstabilan dalam pendidikan terjadi pada masa transisi dari sekolah ke perguruan tinggi. Stres karena perubahan- perubahan yang terjadi merupakan salah satu dampak negatif dari masa transisi ini. Stres dalam perkuliahan disebut stres akademik. Manajemen waktu dapat membantu mengurangi stres akademik apabila dilakukan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan manajemen waktu dengan stres akademik dan sumbangan efektif dari manajemen waktu terhadap stres akademik mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan teknik analisa korelasional dan regresi dengan sampel mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Dari hasil penghitungan diperoleh koefisiensi regresi sebesar -0.635 dengan nilai p=0.000 (p<0.05). Nilai koefisiensi negatif menunjukkan pengaruh negatif dimana kenaikan satu variabel lain akan menurunkan skor variabel lainnya. Diperoleh nilai R sebesar 0.385 sedangkan nilai R square sebesar 0.148, menunjukkan bahwa sumbangan efektif manajemen waktu terhadap stres akademik sebesar 14.8% sedangkan 85.2%sisanya dipengaruhi variabel lain. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen waktu sebagai prediktor stres akademik pada mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Kata Kunci : Mahasiswa, Manajemen Waktu, Stres Akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Ditta Febrieta, S.Psi., MA
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 05 Apr 2019 06:43
Last Modified: 05 Apr 2019 06:43
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item