Pencarian Berdasarkan
Repository Terbaru
Fakultas
Penulis
Tahun
Subjek
Pencarian Berdasarkan
Repository Terbaru
Fakultas
Penulis
Tahun
Subjek
Ubharajaya Repository

HUBUNGAN KONFLIK PERAN GANDA DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING POLISI WANITA DI DIREKTORAT LALU LINTAS POLDA METRO JAYA

Heni, Suryani (2015) HUBUNGAN KONFLIK PERAN GANDA DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING POLISI WANITA DI DIREKTORAT LALU LINTAS POLDA METRO JAYA. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text
Cover Depan.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu profesi yang dijalani wanita adalah Polisi wanita (Polwan). Peran ganda yang dimiliki oleh Polwan sebagai anggota polisi dan sebagai ibu rumah tangga mengarahkan Polwan pada permasalahan konflik peran ganda yang disebabkan oleh adanya pertentangan dua peran atau lebih. Konflik peran ganda dapat menyebabkan ketegangan, kecemasan serta perasaan gelisah yang timbul akibat pelaksanaan dua peran tersebut. Sehingga akan menyebabkan terganggunya Psychological well-being pada Polwan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konflik peran ganda dengan Psychological well-being Polwan. Hipotesis yang diajukan adalah: Ha : Terdapat hubungan yang signifikan antara konflik peran ganda dengan Psychological well-being Polisi Wanita di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tipe korelasi atau mencari hubungan antar variabel. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu independen variabel (X), yaitu konflik Peran ganda dan dependen variabel (Y) Psychological well-being. Sampel dalam penelitian ini adalah Polwan yang sudah menikah, minimal mempunyai 2 anak, serta berusia 25-45 tahun. Berdasarkan tabel morgan dengan populasi 276 anggota Polwan, maka sampel yang digunakan adalah 162 anggota. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling yaitu tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa kuesioner konflik peran ganda sebanyak 42 item dan kuesioner Psychological well-being sebanyak 42 item. Pengukurannya menggunakan skala likert. Uji reliabilitas kedua skala menggunakan Alpha Cronbach. Reliabilitas untuk skala konflik peran ganda sebesar 0,936, yang terdiri dari 42 item, valid 38 item dengan koefisien validitas berkisar antara 0,301 – 0,722. Dan reliabilitas skala Psychological well-being sebesar 0,946, yang terdiri 42 item, valid 36 item dengan koefisien validitas berkisar antara 0,325-0,726. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi bivariat diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,203 dengan p sebesar 0,010. Besar siginifikansi 0,010 menunjukan bahwa (H0) yang menyatakan tidak ada hubungan antara hubungan konflik peran ganda dengan Psychological well-being Polisi wanita di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya ditolak dan (Ha) yang menyatakan ada hubungan antara konflik peran ganda dengan Psychological well-being Polisi wanita di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dengan arah negative antara konflik peran ganda dengan Psychological well-being. Ini berarti semakin tinggi konflik peran ganda maka akan semakin rendah psychological well-being anggota polisi wanita di Ditlantas Polda Metro Jaya. Kata Kunci : Konflik Peran Ganda, Psychological well-being, Polisi Wanita Polwan)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing 1 : DR. Tatie Soeranti, M.M.,Psi. Pembimbing 2 : Yuarini W. Pertiwi, M.Psi.,Psi.
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Staff Perpustakaan
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:06
Last Modified: 15 Mar 2017 01:57
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item