Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Hartati, Ayuna Suci (2019) Analisis Sistem Antrian Dalam Upaya Mengoptimalkan Kualitas Pelayanan, Study Kasus : Store Hokben Ujung Menteng Jakarta Timur. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201510325133_Ayuna Suci_Cover-Daftar Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201510325133_Ayuna Suci_ BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
201510325133_Ayuna Suci_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2015103251330_Ayuna Suci_BAB V.pdf

Download (139kB)
[img] Text
201510325133_Ayuna Suci_Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)
[img] Text
201510325133_Ayuna Suci_ Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Restoran Fast Food, Hokben memiliki cara penyajian makanan yang cukup unik, dimana konsumen dapat melihat dan memilih sendiri bentuk makanan yang dipesan dengan membentuk suatu antrian yang memanjang secara vertical. Kegiatan pelayanan HokBen mengacu pada 1 kasir pada sebuah jalur antrian tunggal dengan sebelumnya dilayani oleh petugas counter yang bertugas untuk menawarkan dan menyiapkan menu pesananan.Dengan begitu sistem antrian yang diterapkan disini menggunakan model Single Channel Multi Phase, dimana terdapat satu jalur fasilitas pelayanan dan dilalui dua tahap pelayanan.Penelitian dilakukan pada Store Hokben Ujung Menteng Jakarta Timur , selama satu minggu pengamatan, setiap harinya pada 4 sesi pengambilan data yang dilakukan pada jam sibuk yaitu puku 12.00-13.00 13.00-14.00 18.00-19.00 dan 19.00-20.00. Setelah pengambilan data, maka dilakukan penentuan model antrian dan menghitung data yang didapatkan dari hasil pengamatan. Parameter antrian yang diukur adalah kedatangan rata-rata per satuan waktu, pelayanan rata rata persatuan waktu, tingkat kegunaan server, banyaknya pelanggan dalam antrian, banyaknya pelanggan dalam sistem, waktu tunggu dalam antrian, waktu tunggu dalam sistem, dan probabilitas pelanggan dalam sistem.Penelitian ini menghasilkan model antrian (M/G/1) : (FCFS/ , pola kedatangan berdistribusi Poisson dan pola pelayanan tidak berdistribusi Normal. Disiplin antrian yaitu first come first served (FCFS). Setelah dilakukan simulasi perubahan model antrian, diketahui efisiensi yang didapatkan untuk periode dalam sesi waktu mencapai 50% hingga 100% diberbagai parameter dan dari rata rata waktu meningkat hingga 90 % hingga 100% dari data yang diambil selama pengamatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NPM: 201510325133, Pembimbing : Dr. Rorim Panday, MM, MT (NIDN: 0425025801),
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: first come first served, single channel-multi phase, teori antrian
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Astrid Brenda Maharani
Date Deposited: 05 Jun 2020 05:43
Last Modified: 05 Jun 2020 08:15
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year