Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Rahmawati, Diah (2021) Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kecenderungan Kecanduan Game Online pada Komunitas Remaja Game Online. Undergraduate thesis, Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610515191_Diah Rahmawati_Cover - Daftar Is.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201610515191_Diah Rahmawati_BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
201610515191_Diah Rahmawati_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
201610515191_Diah Rahmawati_BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
201610515191_Diah Rahmawati_Daftar Pustak.pdf

Download (233kB)
[img] Text
201610515191_Diah Rahmawati_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan kecenderungan kecanduan game online pada komunitas remaja game online. Kecanduan game online adalah perilaku kompulsif seseorang yang terikat pada kebiasaan yang sangat kuat dan tidak mampu untuk mengontrol atau mengendalikannya untuk bermain game online. Sedangkan, kontrol diri adalah perilaku individu untuk menyusun, membimbing, mengatur, mengarahkan, dan mengendalikan emosi serta dorongan-dorongan dari dalam dirinya yang sesuai dengan lingkungan dimana individu tersebut berada. Populasi penelitian ini adalah remaja yang berada di komunitas game online berjumlah 100 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala kecenderungan kecanduan game online dan skala kontrol diri. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobabilty sampling, yaitu dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment diperoleh nilai r = -0,496 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis antara kontrol diri dengan kecenderungan kecanduan game online memiliki hubungan negatif artinya semakin tinggi kontrol diri maka akan semakin rendah perilaku kecenderungan kecanduan game online. Begitupun sebaliknya, semakin rendah kontrol diri maka akan semakin tinggi perilaku kecenderungan kecanduan game online. Yang artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:27
Last Modified: 26 Jun 2023 07:27
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/21797

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year