Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Rizki, Monica Amalia (2021) Hubungan Strategi Koping Terhadap Resiliensi Pada Guru Sekolah Swasta di Daerah Bekasi. Undergraduate thesis, Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710515025_Monica Amalia Rizki_Cover -Daftar Isi.pdf

Download (680kB)
[img] Text
201710515025_Monica Amalia Rizki_BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
201710515025_Monica Amalia Rizki_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
201710515025_Monica Amalia Rizki_BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
201710515025_Monica Amalia Rizki_Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
201710515025_Monica Amalia Rizki_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Strategi koping adalah upaya mengatasi stress berupa tindakan untuk mengurangi atau menghindar stress yang sedang dihadapi. Hal tersebut dapat diatasi dengan adanya resiliensi. Resiliensi merupakan kemampuan yang dimiliki inividu untuk bertahan dan bangkit ketika menghadapi kesulitan, sehingga individu tersebut dapat berkembang serta menjadi lebih berani beradaptasi dalam situasi yang sulit. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetauhi hubungan antara resiliensi terhadap strategi koping pada guru sekolah swasta di daerah Bekasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif-korelasional dengan teknik total sampling (N = 105 sampel). Hasilnya menunjukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara resiliensi dengan strategi koping (problem focus coping) dengan resiliensi (r = 0,477, p = 0,000), terdapat hubungan positif yang signifikan antara strategi koping (emotional focus coping) terhadap resiliensi (r = 0,536, p = 0,000). Artinya semakin tinggi strategi koping strtegi koping akan diiringi dengan meningkatnya kualitas hidup pada guru sekolah swasta di daerah Bekasi. Saeran dari penelitin terkait adalah lebih memperhatikan waktu penelitian serta perkembangan yang dinamis dan cepat berubah, memperhatikan perubahan penerapan sistem pembelajaran, dan perbedaan permasalahan disetiap jenjang pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:39
Last Modified: 06 Jul 2023 02:39
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/21913

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year