Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Restriani, Alma Elysia (2021) Pengawasan Pemerintah terhadap Pemenuhan Hak Konsumen dalam Transaksi Jual Beli Online. Undergraduate thesis, Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710115088_Alma Elysia Restiani_Cover -Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201710115088_Alma Elysia Restiani_BA I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
201710115088_Alma Elysia Restiani_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text
201710115088_Alma Elysia Restiani_BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text
201710115088_Alma Elysia Restiani_Daftar pustaka.pdf

Download (253kB)
[img] Text
201710115088_Alma Elysia Restiani_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

Pelaksanaan transaksi jual beli online (e-commerce) yang berkembang pesat saat ini harus diimbangi dengan adanya pengawasan yang tegas dalam setiap implementasinya. Pengawasan transaksi e-commerce memang tidak semudah melakukan pengawasan terhadap transaksi perdagangan konvensional. Fungsi pengawasan pemerintah serta masyarakat sebagai konsumen yang cerdas mestinya harus dimaksimalkan, karena karakteristik perdagangan online yang berbeda dengan perdagangan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menjamin hak-hak dari para konsumen yang terdapat pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, terutama hak atas informasi yang jelas serta untuk mengetahui sampai di mana tingkat pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah dalam transaksi jual beli online. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis normatif di mana bahan yang dikaji bersumber pada peraturan perundang-undangan, buku-buku, serta pendapat para ahli. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa pengawasan pemerintah belum berjalan dengan maksimal dikarenakan proses transaksi onile ini sangat sulit untuk di pastikan keamanannya, hal ini dibuktikan dengan lonjakan angka pengaduan konsumen pada tahun 2020 lalu. Selain itu pengawasan ini juga dinilai tidak berjalan dengan baik karena dari sisi masyarkat masih bersekap acuh juga terjadi pelanggaran hak dalam transaksi online ini, sikap acuh yang ditimbulkan oleh masyarakat ini didorong karna faktor dari penyelesaian sengketa konsumen yang dinilai memakan waktu serta membutuhkan banyak biaya. Karena pemikiran inilah yang membuat para pelaku usaha mengkesampingkan hak dari pada konsumen tersebut. Karena pelaku usaha tidak pernah mendapatkan teguran ataupun sanksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:22
Last Modified: 25 Jul 2023 03:22
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/22702

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year