Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Kusuma, M. Andika (2021) Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Pelayanan Service Berbasis Web Studi Kasus PT. Anzon Auto Lestari. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710225039_M. Andika Kusuma_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201710225039_M. Andika Kusuma_BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
201710225039_M. Andika Kusuma_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
201710225039_M. Andika Kusuma_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
201710225039_M. Andika Kusuma_Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB)
[img] Text
201710225039_M. Andika Kusuma_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan petugas MRS (Maintenance Reminder Sistem) diperkirakan terdapat 60 lebih konsumen per hari yang harus dihubungi untuk dilakukan follow up setelah service kendaraan di PT. Anzon Auto Lestari. Petugas mengalami kesulitan untuk menghubungi konsumen karena beberapa hal diantaranya, nomer telepon konsumen tidak aktif, konsumen sedang meeting, konsumen tidak dapat menerima telepon dari nomer yang tidak dikenal, dan lain - lain. Data service selama bulan Januari – Maret pada tahun 2021 sebanyak 1.512 unit. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka diperlukan pengembangan sistem informasi yang dikhususkan untuk memberikan kemudahan bagi konsumen aftersales PT. Anzon Auto Lestari untuk memberikan saran dan keluhan melalui aplikasi berbasis web. Dengan adanya metode Algoritma C4.5 diharapkan aplikasi ini dapat membantu PT. Anzon Auto Lestari untuk melakukan evaluasi tingkat kepuasan konsumen aftersales. Setelah dilakukan perhitungan secara manual, maka dilakukan pembuktian dengan menggunakan software RapidMiner. Pengujian dilakukan dengan software RapidMiner menggunakan apply model % Performance. Dari hasil perhitungan menggunakan Algoritma C4.5 dihasilkan enam (6) aturan rule keputusan dari target yang ingin dicapai yaitu tiga (3) keputusan Puas dan tiga (3) keputusan Tidak Puas, dan dari hasil pengujian dengan software RapidMiner menghasilkan tingkat akurasi 100 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 24 Sep 2023 19:25
Last Modified: 24 Sep 2023 19:25
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/23613

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year