Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Rahmadani, Annisa Nur Cahya (2023) Hubungan Antara Hardiness dan Stress Akademik Pada Mahasisa Yang Menjalani Pembelajaran Secara Hybrid Learning di Universitas Swasta Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910515195_Annisa Nur Cahya Rahmadani_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
201910515195_Annisa Nur Cahya Rahmadani_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
201910515195_Annisa Nur Cahya Rahmadani_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
201910515195_Annisa Nur Cahya Rahmadani_BAB V.pdf - Published Version

Download (972kB)
[img] Text
201910515195_Annisa Nur Cahya Rahmadani_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
201910515195_Annisa Nur Cahya Rahmadani_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Era newnormal menyebabkan pendidikan dilakukan secara hybrid learning. Ada banyak kendala dalam proses penerapan belajar secara hybrid learning, seperti jadwal yang tidak menentu dan jaringan internet yang tidak stabil. Hal ini membuat peserta didik khususnya mahasiswa mengalami merasakan cemas, khawatir, dan tertekan akibat dari ketidakstabilannya penerapan hybrid learning. Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis hubungan yang terjadi diantara kepribadian hardiness dan stress akademik. Sebanyak 112 responden yang menjalani pembelajaran secara hybrid learning dilibatkan dalam penelitian ini. Responden dipilih menggunakan teknik simple random sampling, responden dipilih secara acak stratifikasi dengan menggunakan kriteria mahasiswa fakultas psikologi angkatan III yang menjalani pembelajaran secara hybrid learning. Penelitian ini menggunakan instrument skala hardiness yang diadaptasi dari Sarafino dan instrument skala stress akademik yang diadaptasi dari Kobasa. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik correlational Spearman. Hasilnya menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara hardiness dan stress akademik. Semakin mahasiswa memiliki sikap ketahanan dan ketangguhan yang tinggi maka akan semakin tinggi juga tekanan karena tuntutan akademik yang dirasakannya. Agar dapat memahami stress akademik dengan lebih lanjut maka penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian pada mahasiswa yang sedang bekerja ataupun mahasiswa pada tingkatan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Erik Saut H. Hutahaean, S.Psi., M.Si., Wahyu Aulizalsani, M.Psi., Psikolog.
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Arif Syamsudin
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:27
Last Modified: 13 Nov 2023 01:27
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/24215

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year