Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Azizah, Dwi Rahma Nur (2023) Hubungan antara Fanatisme dengan Kecenderungan Impulsive Buying pada Penggemar Blackpink di Komunitas X. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910515277_Dwi Rahma Nur Azizah_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
201910515277_Dwi Rahma Nur Azizah_BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
201910515277_Dwi Rahma Nur Azizah_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
201910515277_Dwi Rahma Nur Azizah_BAB V.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text
201910515277_Dwi Rahma Nur Azizah_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
201910515277_Dwi Rahma Nur Azizah_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Blink adalah salah satu fandom K-pop yang terbesar di dunia pada saat ini. Menjadi penggemar dari sebuah idol group tidak terlepas dari keinginan untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan idola tersebut. Hal ini dapat menimbulkan fenomena kecenderungan impulsive buying yaitu suatu pembelian disebabkan oleh dorongan emosional terjadi secara cepat dan spontan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku kecenderungan impulsive buying pada penggemar adalah fanatisme. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara fanatisme dengan kecenderungan impulsive buying pada penggemar Blackpink di komunitas x. Penelitian dilakukan melalui pengisian kuesioner menggunakan form dengan jumlah responden sebanyak 119 anggota pada komunitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling melalui beberapa karakteristik yang telah ditetapkan sebelumnya. Instrumen penelitian ini menggunakan skala fanatisme berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Goddard dan skala kecenderungan impulsive buying berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Verplanken dan Herabadi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi Spearman-Rho. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan positif antara fanatisme dengan impulsive buying pada penggemar Blackpink di komunitas x, dimana semakin tinggi fanatisme maka semakin tinggi impulsive buying pada penggemar. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik, penelitian selanjutnya dapat menggunakan ruang lingkup penelitian yang lebih luas dan menambahkan atau menggunakan faktor lain yang mempengaruhi kecenderungan impulsive buying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Ferdy Muzzamil, M.Psi., Psikolog., Timomora Sandha Perdhana, S.Psi., M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Arif Syamsudin
Date Deposited: 26 Nov 2023 20:45
Last Modified: 26 Nov 2023 20:45
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/24443

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year