Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Fitrianingsih, Wahyu Putri (2023) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Pebayuran. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810515006_Wahyu Putri Fitrianingsih_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
201810515006_Wahyu Putri Fitrianingsih_BAB I.pdf - Published Version

Download (893kB)
[img] Text
201810515006_Wahyu Putri Fitrianingsih_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
201810515006_Wahyu Putri Fitrianingsih_BAB V.pdf - Published Version

Download (784kB)
[img] Text
201810515006_Wahyu Putri Fitrianingsih_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (906kB)
[img] Text
201810515006_Wahyu Putri Fitrianingsih_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 150 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pebayuran. metode yang digunakan yakni metode analisis kuantitatif menggunakan Product Moment, One Sample Kolmogorov Smirnov Test, Regresi Linier. Berdasarkan hasil korelasi menunjukan bahwa pengaruh gaya belajar dengan hasil belajar memiliki hubungan atau berkorelasi, pada One Sample Kolmogorov smirnov tes hasil uji normalitas yakni menunjukan bahwa nilai signifikasi 0.66c > 0.05 nilai residual berdistribusi normal. Hasil uji regresi linier juga menunjukan hasil taraf signifikansi yaitu sebesar 0,03 p < 0.05 pada gaya belajar dengan hasil belajar antara dua variabel memiliki hubungan yang linier. Berdasarkan uji regresi menunjukan pengaruh positif terhadap variabel bebas jika variabel bebas naik maka variabel terkait juga akan terpenuhi. Dari ketiga jenis gaya belajar yang paling dominan gaya belajar kinestetik sebesar 85%, gaya belajar auditorial sebesar 80%, dan terakhir gaya belajar visual sebesar 76%. Kesimpulannya ialah hasil korelasi menunjukan pengaruh yang positif antara gaya belajar terhadap hasil belajar, sebesar 0,471 dengan nilai signifikansiya yaitu sebesar 0,000 maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima serta hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Nurwahyuni Nasir, M.Psi., Psikolog., Dr. Kus Hanna Rahmi, M.Psi., Psikolog.
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Arif Syamsudin
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:40
Last Modified: 18 Dec 2023 06:40
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25077

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year