Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Afiani, Annisa (2022) Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Berbasis Ekoliterasi Siswa Kelas IV SDN Karang Anyar 03. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615106_Annisa Afiani_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (811kB)
[img] Text
201810615106_Annisa Afiani_BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
201810615106_Annisa Afiani_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810615106_Annisa Afiani_BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
201810615106_Annisa Afiani_Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB)
[img] Text
201810615106_Annisa Afiani_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, keterampilan menulis sangat dibutuhkan salah satunya dalam pembelajaran menulis puisi. Menulis sebuah puisi termasuk salah satu keterampilan yang harus dimiliki dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, namun masih terdapat banyak siswa yang kurang memiliki kemampuan dalam menulis sebuah puisi. Faktor utama penyebab rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi yaitu karena model pembelajaran yang diterapkan kurang bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis puisi berbasis ekoliterasi siswa kelas IV SDN Karang Anyar 03 dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, tahapan penelitian yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Karang Anyar 03 dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan combined design atau secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi berbasis ekoliterasi pada siswa kelas IV. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas yang meningkat pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II. Pada prasiklus menunjukkan nilai rata-rata kelas sebesar 62,3 kemudian meningkat pada siklus I menjadi 64,5 dan meningkat kembali pada siklus II sebesar 77,16. Pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai ke dalam kategori sangat tinggi karena 87% siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Kata Kunci: Model Pemebelajaran Kontekstual; Puisi; Ekoliterasi; Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:47
Last Modified: 26 Dec 2023 17:47
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25205

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year