Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Mugnianingsih, Nuuri Asysyifa (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Datar pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Kelas IV SDN Kranji 13 Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615043_Nuuri Asysyifa Mugnianingsih_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615043_Nuuri Asysyifa Mugnianingsih_BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
201810615043_Nuuri Asysyifa Mugnianingsih_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
201810615043_Nuuri Asysyifa Mugnianingsih_BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
201810615043_Nuuri Asysyifa Mugnianingsih_Daftar Pustaka.pdf

Download (516kB)
[img] Text
201810615043_Nuuri Asysyifa Mugnianingsih_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Keberhasilan siswa kelas IV SDN Kranji 13 selama kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas dalam kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar masih rendah, hal ini dikarenakan siswa hanya menyimak apa yang dijelaskan oleh guru namun tidak mencatatnya selain itu juga siswa menganggap matematika itu sulit karena matematika bersifat abstrak dengan menggunakan simbol atau bahasa matematika. Selama penelitian dapat di identifikasi permasalahan yang dialami oleh siswa yaitu siswa belum dapat menentukan rumus persegi dan persegi panjang dan siswa belum dapat menyelesaikan pemecahan masalah yang berkaitan dengan soal persegi dan persegi panjang. Sehingga dalam penelitian ini peneliti ingin mencari tahu lebih dalam mengenai jenis kesulitan belajar siswa pemecahan masalah materi bangun datar dan faktor penyebab dari kesulitan belajar siswa. Penelitian akan dilakukan secara alamiah dilihat dari keadaan yang sebenarnya terjadi di lapangan dan akan disajikan dalam bentuk deskriptif dengan memahami sebuah kasus secara mendalam sekaligus mencari hasilnya. Pengambilan data untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai data pelengkap dengan harapan mampu menjelaskan jenis kesulitan belajar dalam kemampuan pemecahan masalah materi bangun datar. Hasil penelitian adalah siswa mengalami kelemahan dalam menghitung, kelemahan pengetahuan, kelemahan bahasa matematika dan persepsi visual. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman pengetahuan siswa dalam konsep matematika maupun operasi hitung, kurangnya ketelitian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:50
Last Modified: 26 Dec 2023 17:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25242

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year