Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Putri, Rahmawati Hidayah (2022) Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Kooperatif Tipe Students Team Achievement Division (STAD) Di Kelas V SDN Kedung Jaya 02 Kabupaten. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615110_Rahmawati Hidayah Putri_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615110_Rahmawati Hidayah Putri_BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
201810615110_Rahmawati Hidayah Putri_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
201810615110_Rahmawati Hidayah Putri_BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
201810615110_Rahmawati Hidayah Putri_Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)
[img] Text
201810615110_Rahmawati Hidayah Putri_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilanmembaca pemahaman siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Kedung Jaya 02 Kabupaten Bekasi. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan subyek penelitian berjumlah 21 siswa. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, serta tes untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan membaca, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil analisis penilaian keterampilan membaca pemahaman siswa yang diperoleh pada siklus I, yakni siswa yang tuntas 11 dari 21 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 52% dan rata-rata yang diperoleh adalah 78, serta aktivitas siswa dalam kategori cukup. Pada siklus II siswa yang tuntas 17 dari 21 siswa atau ketuntasan klasikal 81% dan ratarata yang diperoleh 68, serta aktivitas siswa berada dalam kategori baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Kedung Jaya 02 Kabupaten Bekasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:50
Last Modified: 26 Dec 2023 17:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25246

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year