Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Fitriani, Resa (2022) Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN Perwira II Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615064_Resa Fitriani_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (977kB)
[img] Text
201810615064_Resa Fitriani_BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
201810615064_Resa Fitriani_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810615064_Resa Fitriani_BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
201810615064_Resa Fitriani_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
201810615064_Resa Fitriani_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas IV. Jenis pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang meliputi pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV SDN Perwira II Bekasi yang dimana siswa nya berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi Rencana Pelaksaan Pembelajaran dengan metode bermain peran melalui tes dan lembar observasi dan aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa adanya peningkatan perolehan nilai keterampilan berbicara. Pada pratindakan padat dikathui nilai rata-rata siswa 69 dengan jumlah ketuntasan siswa sebesar 53%. Selanjutnya dilanjut dengan siklus I dengan diterapkannya metode bermain peran dapat memperoleh nilai rata-rata 75 dengan jumlah ketuntasan siswa sebesar 70%. Dapat dikatakan pada penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, tetapi belum mencapai target yang ditentukan oleh peneliti sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II memperoleh nilai ratarata 82 dan jumlah ketuntasan siswa sebesar 87%. Dapat disimpulkan melalui metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:50
Last Modified: 26 Dec 2023 17:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25248

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year