Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Murdyaningsih, Retno (2022) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal di Bekasi Pada Siswa SDN Sukamaju 03 Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615056_Retno Murdyaningsih_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (929kB)
[img] Text
201810615056_Retno Murdyaningsih_BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
201810615056_Retno Murdyaningsih_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[img] Text
201810615056_Retno Murdyaningsih_BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
201810615056_Retno Murdyaningsih_Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
201810615056_Retno Murdyaningsih_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN Sukamaju 03 Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang menggunakan desain model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, tes keterampilan membaca permulaan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar waawancara dan lembar penilaian tes keterampilan membaca permulaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard berbasis kearifan lokal di Bekasi dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SDN Sukamaju 03. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dilihat dari nilai rata-rata sebelum diberi tindakan pada praobservasi sebesar 65,8%, setelah diberikan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 69,1%, kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 76,04%. Oleh karena itu, media flashcard berbasis kearifan lokal di Bekasi dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Sukamaju 03 Kabupaten Bekasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:50
Last Modified: 26 Dec 2023 17:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25249

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year