Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Kaka, Debora Ambu (2023) “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Topik Pengelompokan Hewan Pada Siswa Kelas V SDN Harapan Baru 01 Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615021_Debora Ambu_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
201810615021_Debora Ambu_BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
201810615021_Debora Ambu_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
201810615021_Debora Ambu_BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
201810615021_Debora Ambu_Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB)
[img] Text
201810615021_Debora Ambu_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Make a match terhadap siswa kelas V SDN Harapan Baru I Kota Bekasi. Jenis penelitian ini adalah classroom action research (Penelitian Tindakan Kelas). Sumber data penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SDN Harapan Baru I dengan jumlah siswa 32 orang teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil tes siswa dianalisis dengan teknik data kuantitatif sedangkan datang proses penelitian dianalisis dengan teknik kualitatif. Hasil pembelajaran make a match dengan memperhatikan empat aspek yaitu: Penentuan gambar, kesesuaian tema yaitu terkait pengelompokkan hewan, pemilihan gambar, dan kesesuaian mencari pasangan gambar hewan. Ratarata nilaian siswa dari pra tindakan yaitu 633 dengan pencapaian ketuntasan belajar dari pra tindakan yaitu 633%, skor rata-rata hasil belajar pada siklus I menjadi 52,18 dengan pencapaian dengan ketuntasan belajar pada siklus I yaitu 52,18%, skor ratarata hasil belajar pada siklus II menjadi 54,86 dengan pencapaian ketuntasan belajar pada siklus II yaitu 54,86%, dan skor rata-rata hasil belajar meningkat pada siklus III menjadi 93,59 dengan pencapaian ketuntasan belajar pada siklus III yaitu 93,59% termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:51
Last Modified: 26 Dec 2023 17:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25265

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year