Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Sastiwi, Eka Prapti (2023) Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Duren Jaya V). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615024_Eka Prapti Sastiwi _Cover - Daftar isi.pdf

Download (983kB)
[img] Text
201810615024_Eka Prapti Sastiwi _BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
201810615024_Eka Prapti Sastiwi_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text
201810615024_Eka Prapti Sastiwi _BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
201810615024_Eka Prapti Sastiwi _Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB)
[img] Text
201810615024_Eka Prapti Sastiwi _Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas IIB SDN Duren Jaya V pada materi membaca permulaan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca permulaan apa saja yang di alami pada siswa kelas IIB SDN Duren Jaya V. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sesuai tujuan penelitian ini maka sampel penelitiannya yaitu siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan, sebanyak 12 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang bersifat induktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas IIB SDN Duren Jaya V diantaranya yaitu kesulitan dalam menyebutkan huruf dimana beberapa siswa masih belum mengenal huruf, kesulitan merangkai huruf, mengeja kata yang masih terbata-bata, serta tidak lancar dalam membaca. Dari keempat aspek kesulitan membaca permulaan tersebut terdapat 9 siswa yang sudah memiliki kemampuan membaca permulaan yang baik, 1 siswa belum lancar membaca, serta 2 siswa belum mampu mengenal huruf dan tidak dapat membaca. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perbaikan dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa kelas rendah dalam membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:52
Last Modified: 26 Dec 2023 17:52
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25268

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year