Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Putri, Aldira Wibiyanti (2023) Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V di SDN Bahagia 04. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615014_Aldira Wibiyanti Putri_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910615014_Aldira Wibiyanti Putri_BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
201910615014_Aldira Wibiyanti Putri_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910615014_Aldira Wibiyanti Putri_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
201910615014_Aldira Wibiyanti Putri_Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
201910615014_Aldira Wibiyanti Putri_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang, dan membuktikan adanya hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang siswa kelas V di SDN Bahagia 04. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Bahagia 04 pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang sebanyak 119 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 50 siswa, kemudian proses pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Random Sampling. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validasi konstruk. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar angket untuk mengukur minat belajar dan instrumen tes untuk mengumpulkan data hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data dan uji prasyarat analisis data dilakukan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar siswa kelas V SDN Bahagia 04 berdasarkan mean sebesar 68,56 berada dalam kategori sedang dengan persentase 48%, (2) hasil belajar siswa mata pelajaran matematika pada materi bangun ruang berdasarkan acuan nilai KKM 75 dengan mean sebesar 8,72 berada dalam kategori tidak kompeten dengan presentase 44%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar (X) dengan Hasil belajar (Y) matematika materi bangun ruang kelas V SDN Bahagia 04 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,721 > 0,279).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:49
Last Modified: 27 Dec 2023 02:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25296

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year