Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Fadilah, Dela Nur (2023) Implementasi Metode Resitasi Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Tema 7 Subtema 1 Kelas V SDN HARAPAN JAYA XVIII. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615083_Dela Nur Fadilah_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910615083_Dela Nur Fadilah_BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
201910615083_Dela Nur Fadilah_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text
201910615083_Dela Nur Fadilah_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
201910615083_Dela Nur Fadilah_Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
201910615083_Dela Nur Fadilah_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah hak yang dimiliki seseorang untuk dapat mengembangkan potensi diri melalui proses belajar. Pendidikan hendaknya menjadi media untuk mengembangkan kemampuan dan minat peserta didik. Sementara itu, berdasarkan kebijakan pelaksanaan pelajaran IPS masih belum maksimal karena sosialisasi mengenai kurikulum yang belum merata. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dan pemahaman siswa terhadap penerapan metode resitasi pada pembelajaran IPS tema 7 subtema 1 kelas V di SDN Harapan Jaya XVIII. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan Metode Resitasi memiliki respon baik terhadap pemahaman belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil tes sehingga didapatkan beberapa kategori yaitu kategori sangat baik 23%, baik 64%, cukup 3%, dan kurang baik 10% dengan nilai rata-rata 81. Kemampuan kognitif siswa dinilai. Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar siswa memiliki hasil yang baik sehingga metode resitasi ini berpengaruh terhadap pemahaman belajar siswa. Hasil tes menunjukan terdapat beberapa kategori yaitu sangat baik 12%, baik 33%, siswa cukup 15%, dan kurang baik 40% dengan nilai rata-rata yaitu 72.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:49
Last Modified: 27 Dec 2023 02:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25304

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year