Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Pratiwi, Diah (2023) Pengembangan Buku Ramah Cerna Sebagai Upaya Internalisasi Nilai Bernalar Kritis pada Siswa Kelas I SDN Aren Jaya 18 Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615064_Diah Pratiwi_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910615064_Diah Pratiwi_BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
201910615064_Diah Pratiwi_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910615064_Diah Pratiwi_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
201910615064_Diah Pratiwi_Daftar pustaka.pdf

Download (244kB)
[img] Text
201910615064_Diah Pratiwi_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan bacaan di sekolah. Khususnya buku bacaan yang mengandung salah satu nilai Profil Pelajar Pancasila yakni bernalar kritis. Buku yang memuat nilai bernalar kritis masih jarang ditemui. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan buku yang menghasilkan buku ramah cerna. Pemilihan buku ramah cerna dilandasi oleh kurangnya ketersediaan buku ramah cerna yang menginternalisasi nilai bernalar kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Buku Ramah Cerna yang bermuatan nilai bernalar kritis di SDN Aren Jaya 18 Kota Bekasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki tahapan: a) analisis, b) desain, c) pengembangan, d) implementasi, dan e) evaluasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I di SDN Aren Jaya 18 Kota Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen penelitian ini mencakup instrumen studi pendahuluan, instrumen validasi ahli, dan instrumen kuesioner. Hasil pengembangan buku menyatakan bahwa buku mendapat penilaian 96% dari validator ahli 1, dan 98% dari validator ahli 2. Dengan kesimpulan buku layak digunakan dan merevisi sesuai saran dari validator. Buku diimplementasikan di kelas oleh guru dan dinilai melalui lembar pengamatan lokakarya, hasilnya diketahui bahwa buku yang telah dikembangkan dapat memudahkan guru dalam menginternalisasi nilai bernalar kritis saat proses kegiatan pengajaran. Evaluasi dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh siswa dan guru. Hasil evaluasi menyatakan bahwa buku ramah cerna yang dikembangkan sudah berkategori sangat baik. Penelitian ini diharapkan dapat berdampak terhadap peningkatan kuantitas dan kualitas Buku Ramah Cerna yang mengandung nilai Profil Pelajar Pancasila yakni bernalar kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:49
Last Modified: 27 Dec 2023 02:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25305

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year