Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Wahyuni, Nurul (2023) Pengembangan Buku Ramah Cerna Sebagai Upaya Internalisasi Berkebinekaan Global pada Siswa Kelas I SDN Teluk Pucung 3 Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615001_Nurul Wahyuni_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910615001_Nurul Wahyuni_BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
201910615001_Nurul Wahyuni_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
201910615001_Nurul Wahyuni_BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
201910615001_Nurul Wahyuni_DAftar Pustaka.pdf

Download (236kB)
[img] Text
201910615001_Nurul Wahyuni_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang berawal dari permasalahan kurangnya ketersediaan buku bacaan yang bertemakan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila, khususnya nilai berkebinekaan global. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk melakukan pengembangan buku bacaan yang bermuatan nilai berkebinekaan global melalui pengembangan buku ramah cerna di SDN Teluk Pucung 3. Proses pengembangan buku ramah cerna menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu; (a) analisis; (b) desain; (c) pengembangan; (d) implementasi; (e) evaluasi. Subjek dalam penelitian pengembangan buku ramah cerna adalah siswa kelas I SDN Teluk Pucung 3. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Produk buku ramah cerna yang sudah dikembangan akan melalui uji validitas dengan perolehan skor 95% dari validator 1 dan 97% dari validator 2. Hasil validasi pengembangan buku ramah cerna layak digunakan dengan revisi sesuai saran. Buku ramah cerna diimplementasi melalui kegiatan membaca nyaring oleh guru dan dinilai melalui lembar pengamatan lokakarya membaca dengan perolehan skor 78% dalam penyampaian cerita sesuai indikator. Tahap evaluasi dilakukan melalui pengisian kuesioner respon oleh guru dan siswa sebagai pengguna buku ramah cerna. Hasil evaluasi menunjukan bahwa, buku ramah cerna yang telah dikembangkan sudah dikategorikan sangat baik. Penelitian pengembangan ini dapat memberikan dampak terhadap pengembangan buku ramah cerna yang memuat nilai berkebinekaan global dalam meningkatkan kualitas buku di sekolah, serta dapat digunakan dan dioptimalkan oleh guru, siswa, dan pihak lain pada materi dan kelas yang berbeda. Kata kunci: literasi dini, buku ramah cerna, berkebinekaan global

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:51
Last Modified: 27 Dec 2023 02:51
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25329

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year