Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Maurits, Debby (2023) Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Anak Kelas 2 Di SDN Teluk Pucung I Bekasi Utara. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810415090_Debby Maurits_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810415090_Debby Maurits_BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
201810415090_Debby Maurits_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810415090_Debby Maurits_BAb V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
201810415090_Debby Maurits_Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB)
[img] Text
201810415090_Debby Maurits_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Selama pembelajaran daring anak memiiliki motivasi belajar yang rendah, hal ini dilihat dari menurunnya hasil belajar pada anak. Komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak memiliki peran dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak dalam meningkatkan motivasi belajar anak kelas 2 di SD Negeri Teluk Pucung I Bekasi Utara. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti melakukan wawancara dengan 5 informan termasuk orang tua, guru, dan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar anak meningkat karena adanya komunikasi interpersonal antara orang tua dengan anak. Meningkatnya motivasi belajar dilihat dari tugas-tugas yang dikerjakan dan dikumpulkan tepat waktu, mengerti akan materi yang disampaikan, dan meningkatnya hasil belajar pada anak. Komunikasi interpersonal dilakukan orang tua dengan anak melibatkan 5 aspek komunikasi interpersonal seperti aspek keterbukaan yang mana orang tua dan anak selalu berkata jujur selama proses komunikasi, aspek empati yang mana orang tua dan anak memiliki rasa empati yang besar terhadap satu sama lain, aspek dukungan yang mana orang tua selalu memberikan dukungan berupa dukungan moril dan materil namun dukungan yang diberikan anak ke orang tua kurang terlihat , aspek sikap positif yang mana orang tua dan anak memiliki pandangan positif terhadap satu sama lain sehingga terjadinya komunikasi 2 arah, dan aspek kesetaraan yang mana orang tua dan anak memiliki kesamaan fungsi seperti menjadi pendengar dan pembicara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:33
Last Modified: 26 Feb 2024 05:33
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/27571

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year