Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Fazriah, Farah Laila (2023) Komodifikasi Dalam Sinetron “Si Doel Anak Sekolahan”. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910415035_Farah Laila Fazriah_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201910415035_Farah Laila Fazriah_BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
201910415035_Farah Laila Fazriah_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910415035_Farah Laila Fazriah_BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text
201910415035_Farah Laila Fazriah_Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text
201910415035_Farah Laila Fazriah_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komodifikasi diartikan sebagai proses transformasi nilai guna menjadi nilai tukar. Sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” merupakan hasil upaya perubahan dari nilai guna yang mampu menghibur menjadi nilai tukar yang bisa mendatangkan sebuah keuntungan finansial berupa berupa pendapatan iklan. Sinetron yang sudah melegenda ini biasanya menarik banyak penonton, yang menjadi daya tarik bagi perusahaan iklan demi menayangkan iklan selama tayangan berlangsung. Dari hal tersebut mampu menghasilkan pendapatan bagi stasiun televisi yang menayangkan sinetron “Si Doel Anak Sekolahan”. Sinetron yang melegenda dan selalu mengalami penayangan secara berulang disetiap tahunnya bahkan sampai sekarang ditahun 2023, serta sangat menghibur para penonton setianya, itu yang kemudian dikomodifikasi menjadi tontonan yang layak untuk dijual. Kajian ini menggunakan perspektif kritis dengan pendekatan teori ekonomi politik media. Konsep komodifikasi konten yang ditawarkan oleh Vincent Mosco mejadi pisau bedah dari kajian ini. Data kajian ini dari sumber utama, yaitu tayangan sinetron “Si Doel Anak Sekolahan”di RCTI. Sedangkan untuk data tidak langsung seperti observasi dan dokumentasi diperoleh dari studi kepustakaan atau literatur dan penelususran internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tayangan serial drama sinetron “Si Doel Anak Sekolahan” ini terdapat komodifikasi konten berupa tayangan iklan dalam bentuk baliho, serta terdapat pula iklan dalam bentuk squeeze frame. Lembaga media memiliki kekuatan (power) untuk menentukan program apa saja yang akan dijadikan komoditas baru dilayar kaca televisi. Setiap program yang diproduksi oleh lembaga media adalah perkawinan antara sistem ekonomi dengan sistem politik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:49
Last Modified: 25 Mar 2024 04:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28215

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year