Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Andriani, Tasya Devy (2023) Perilaku Komunikasi dalam Kelompok Pembelajaran Daring (Studi pada Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201610415157_Tasya Devy Andriani_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201610415157_Tasya Devy Andriani_BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
201610415157_Tasya Devy Andriani_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201610415157_Tasya Devy Andriani_BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
201610415157_Tasya Devy Andriani_Daftar Pustaka.pdf

Download (354kB)
[img] Text
201610415157_Tasya Devy Andriani_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang perilaku komunikasi dosen dan mahasiswa dalam kelompok pembelajaran daring di Fakultas Ilmu Komunikasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses perilaku komunikasi dosen dan mahasiswa dalam kelompok pembelajaran dengan menggunakan konsep perilaku komunikasi dengan unsur-unsur komunikasi menurut Lasswell memiliki 5 bagian, yaitu: (1) pengirim pesan; (2) pesan; (3) saluran atau media; (4) penerima pesan; (5) efek. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku komunikasi dosen dan mahasiswa dengan unsur-unsur komunikasi ada pengirim pesan, pesan, saluran atau media, penerima pesan, dan efek. Pengirim pesan : Seorang pengirim pesan memiliki kesempatan secara luas untuk menentukan kepada siapa pengirim pesan akan menyampaikan pesan atau kepada siapa pengirim pesan ingin menjadi lawan bicara. Pesan : Pesan dapat disampaikan dalam bentuk verbal dan non verbal. Saluran atau media : Saluran atau media sebagai komunikasi bermedia computer khususnya melalui fasilitas IRC yang dimana bekerja secara synchroni dan asynchroni yang memiliki karakteristik tersendiri dan memberikan efek komunikasi. Penerima pesan : Seorang penerima pesan dalam room chat menggunakan nama asli agar pengirim pesan dapat mengenali identitas penerima pesan. Efek : Efek dalam IRC dapat terjadi secara positif maupun negative umpan balik positif berupa respon-respon yang cepat dan ekspresif melalui pertanyaanpertanyaan yang ditanyakan oleh penerima pesan kepada pengirim pesan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme
Ilmu Sosial > Komunikasi
Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:55
Last Modified: 25 Mar 2024 04:55
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28305

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year