Pencarian Berdasarkan
Repository Terbaru
Fakultas
Penulis
Tahun
Subjek
Pencarian Berdasarkan
Repository Terbaru
Fakultas
Penulis
Tahun
Subjek
Ubharajaya Repository

Hubungan Antara Konsep Diri dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Islam Kader Bangsa Bekasi

Septianingsih, Ambarini (2016) Hubungan Antara Konsep Diri dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Islam Kader Bangsa Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text (Cover - Daftar Isi)
201210515086_Septianingsih Ambarini_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
201210515086_Septianingsih Ambarini_BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab II, III, IV)
201210515086_Septianingsih Ambarini_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
201210515086_Septianingsih Ambarini_BAB V.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
201210515086_Septianingsih Ambarini_Daftar Pustaka.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (Lampiran)
201210515086_Septianingsih Ambarini_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hak yang harus dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia, dijelaskan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 31 ayat (1) bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Menurut Djaali (2008), ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dalam hal belajar diantaranya adalah motivasi, sikap, minat, kebiasaan belajar, dan konsep diri. Dimyati dan Mudjiono, (2013) menjelaskan salah satu hal yang mempengaruhi motivasi belajar adalah cita-cita atau harapan. Calhoun dan Acocella (1990) mengatakan bahwa cita-cita atau harapan merupakan bagian dari konsep diri yang meliputi keinginan yang dicita-citakan dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa SMP Islam Kader Bangsa Bekasi, dengan mengunakan tipe korelasi pendekatan kuantitatif dengan teknik simple random sampling. Terdapat hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Konsep diri dengan motivasi belajar menghasilkan hubungan yang positif dengan koefisien korelasi sebesar 0,929, maka dapat disimpulkan bahwa semakin kuat konsep diri, semakin tinggi motivasi belajar, dan sebaliknya. Hal ini sejalan dengan wawancara yang dilakukan oleh peneliti pada beberapa siswa yang menyebutkan bahwa tujuan mereka bersekolah adalah hanya untuk mejeng, mencari teman perempuan, menjahili teman, dan agar tidak hanya berdiam diri dirumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : Mira Sekar Arumi M.Psi., Psikolog, Pembimbing II : Hema Dayita Pohan, M. Psi, Psikolog
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Doni Alfianthoro
Date Deposited: 20 Feb 2017 07:58
Last Modified: 09 Mar 2017 02:58
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item