Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Nurul, Diah Liswantari (2015) GAMBARAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA KELAS V DI SDN PERWIRA III BEKASI UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa sekolah dasar. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif non-eksperimen yaitu jenis studi deskriptif. Populasi dalam penelitian berjumlah 110 siswa. Jumlah sampel diambil berdasarkan teknik tabel Morgan yaitu 97 siswa, dengan tingkat kesalahan 5% dan tingkat kepercayaan terhadap populasi sebesar 95%. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji deskriptif diolah dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Perwira III Bekasi Utara, yang berjumlah 97 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan simple random sampling dimana setiap unsur yang membentuk populasi diberikan kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Analisis data dalam penelitian ini terdapat 57 item pada alat ukur kecerdasan emosional yang terdiri dari lima dimensi diantaranya : kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati, dan membina hubungan. dan item-item yang dijadikan alat ukur terdiri dari item favorable dan item unfavorable. Berdasarkan pengolahan uji validitas dari 57 item yang disebar terdapat 25 item yang gugur ( tidak valid), sehingga tersisa 32 item yang dapat dipergunakan atau dinyatakan valid. Dari hasil sebarab data yang menggunakan tryout terpakai terhadap 97 siswa diperoleh reliabilitas 0,857 hal itu berarti reliabilitasnya tinggi menurut criteria koefisien reliabilitas Guilford (Ruseffendi, 2005). Kata Kunci : kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing 1 : Indah Rizki Maulia,S.Psi,M.M Pembimbing 2 : Lenny Utama Afriyenti, S.Psi
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Rifal Mahalli
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:06
Last Modified: 15 Mar 2017 02:19
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year