Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Isnaini, Maulida (2019) Pengaruh Komunikator Volunteer/Relawan Terhadap Motivasi Belajar Anak Jalanan Pada Komunitas Cahaya Anak Negeri (CAN). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
201510415168_Maulida Isnaini_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
201510415168_Maulida Isnaini_BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB II, III, IV)
201510415168_Maulida Isnaini_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (BAB V)
201510415168_Maulida Isnaini_BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
201510415168_Maulida Isnaini_Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB)
[img] Text (Lampiran)
201510415168_Maulida Isnaini_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan apakah terdapat “Pengaruh komunikator volunteer/relawan terhadap motivasi belajar anak jalanan pada komunitas Cahaya Anak Negeri (CAN). Dalam penelitian ini, peniti menggunakan teori Clyton Alderfer (teori “ERG”). Paradigma yang digunakan adalah positivistik dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuisioner kepada anak anak jalanan yang tergabung di komunitas Cahaya Anak Negeri. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden. Peneliti menentukan teknik sampel dengan sampel jenuh. Peneliti menggunakan skala likert sebagai alat ukur jenjang pendapat responden. Pada Variabel X (volunteer/relawan) terdapat 9 butir pernyataan valid, sedangkan pada variabel Y (Motivasi Belajar) terdapat 10 butir pernyataan yang valid. Penulis menggunakan uji hipotesis analisis regresi linier sederhana yaitu Koefisien determinasi digunakan untuk menghitung besarnya pengaruh atau kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari analisis diperoleh hasil R 2 (koefisien determinasi) sebesar 0,440. Artinya bahwa 44% variabel Motivasi Belajar Anak Jalanan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Komunikator (Relawan) (X). Sedangkan sisanya 56% variabel Motivasi Belajar Anak Jalanan akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci : Relawan/volunteer, motivasi belajar, teori ERG

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Relawan/Volunteer, Motivasi Belajar, Teori ERG
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Raden Ola Triana
Date Deposited: 05 Jun 2020 05:40
Last Modified: 05 Jun 2020 05:40
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/2557

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year