Benedicte, Samuella (2020) Taktik Impression Management Atta Halilintar Dalam Akun Youtube Atta Halilintar (Studi Analisis Isi Konten Dalam Akun Youtube Atta Halilintar). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201510415119_ Samuella Benedicte_Cover - Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
201510415119_ Samuella Benedicte_BAB I.pdf Download (631kB) |
|
Text
201510415119_ Samuella Benedicte_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201510415119_ Samuella Benedicte_BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
201510415119_ Samuella Benedicte_Daftar Pustaka.pdf Download (267kB) |
|
Text
201510415119_ Samuella Benedicte_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Impression management merupakan upaya individu untuk menciptakan kesan yang diinginkannya dari orang lain terhadapnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar taktik impression managemet yang paling banyak digunakan oleh Atta Halilintar untuk membangun citra diri melalui video pada akun youtube Atta Halilintar. Penelitian ini menggunakan indikator taktik impression management yang dipaparkan oleh Jones dan Pittman (1982), dengan menggunakan metode analisis isi. Peneliti melakukan koding terhadap pesan verbal (Pernyataan yang diucapkan oleh Atta Halilintar) dalam 15 video sampel yang diambil acak, pada periode 1 Januari - 30 April 2019, dimana pertumbuhan subscriber akun youtube Atta mengalami peningkatan paling tinggi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Atta Halilintar menggunakan semua taktik impression management, dengan presentase sebesar ingratiation 41%, intimidation 14%, self promotion 22%, Exemplification 11%, dan supplication 12%. Menariknya hal ini menunjukan Atta tidak hanya menggunakan taktik ingratiation agar terlihat menarik dalam membangun citra diri, namun juga menggunakan taktik yang umumnya berkesan negatif dan tidak digunakan oleh public figure seperti intimidation dan supplication, tetapi tetap dapat menarik perhatian serta diterima oleh orang lain, ditandai dengan meningkatnya subscriber akun youtubenya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 01:40 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 01:40 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/16397 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year