Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Dedeh, Suherni (2015) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMK TARUNA KARYA 1 KARAWANG. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img]
Preview
Text
Cover-Daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)

Abstract

Konsep diri dan kecerdasan emosional penting bagi remaja, karena kedua hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dan kebahagiaan hidup. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud ingin meneliti konsep diri dan kecerdasan emosional pada remaja di SMK Taruna Karya 1 Karawang. Subjek penelitian berjumlah 189 orang. Alat ukur yang digunakan adalah skala konsep diri dengan validitas berkisar 0,302 – 0,482, dan reliabilitas sebesar 0,793, skala ini digunakan untuk melihat konsep diri siswa (remaja) positif atau negatif, dan skala kecerdasan emosional dengan validitas berkisar 0,303 – 0,548 dan nilai reliabilitas sebesar 0,818, skala ini digunakan untuk melihat kecerdasan emosional siswa (remaja) baik atau buruk. Berdasarkan hasil kategorisasi, rata-rata subjek pada penelitian ini memiliki konsep diri positif dan kecerdasan emosional yang baik, hal ini dikarenakan X > m – 1 SD. Sedangkan hasil uji korelasi bivariate correlation didapat nilai koefisien korelasi sebesar rxy = 0,593 dan p = 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan positif antara konsep diri dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMK Taruna Karya 1 Karawang. Hal ini berarti semakin tinggi (positif) konsep diri seseorang maka semakin tinggi (baik) pula kecerdasan emosionalnya. Hasil penelitian menyarankan untuk penelitian selanjutnya yang sejenis agar melakukan penelitian kualitatif sehingga dapat melakukan analisa lebih lanjut terhadap subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Togiaratua Nainggolan, M.Si Pembimbing 2 : Erik Saut H Hutahaean, S.Psi., M.Si
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Rifal Mahalli
Date Deposited: 17 Nov 2016 07:06
Last Modified: 15 Mar 2017 01:58
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year