Nuraprilianti, Irene (2019) Dukungan Sosial dan Self Efficacy Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 5 Tambun Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201510515061_Irene Nuraprilianti_Cover-Daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201510515061_Irene Nuraprilianti_BAB I.pdf Download (339kB) |
|
Text
201510515061_Irene Nuraprilianti_BAB II,III,IV.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
|
Text
201510515061_Irene Nuraprilianti_BAB V.pdf Download (178kB) |
|
Text
201510515061_Irene Nuraprilianti_Daftar Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
Text
201510515061_Irene Nuraprilianti_Daftar Pustaka.pdf Download (294kB) |
Abstract
Berbagai permasalahan pada siswa muncul akibat dari metode belajar ceramah di kelas yaitu siswa menjadi pasif, siswa menjadi bosan mengikuti pelajaran, siswa suka membolos, informasi yang disampaikan mudah usang, dan siswa tidak dapat memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Sehingga menyebabkan siswa menjadi pesimis dalam mengikuti pelajaran dan mendapatkan nilai yang bagus. Hal tersebut dapat menyebabkan keyakinan diri (Self Efficacy) pada siswa dalam mengikuti pelajaran menjadi menurun. Maka siswa membutuhkan suatu dukungan (Dukungan Sosial) yang berguna dalam memberikan kenyamanan, bantuan dan dukungan dalam mengatasi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara Dukungan Sosial dan Self Efficacy pada siswa kelas X di SMA Negeri 5 Tambun Selatan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 110 siswa sekolah menengah atas (SMA) kelas X yang mengalami metode belajar ceramah. Penelitian ini menggunakan 2 buah alat ukur yaitu skala Dukungan Sosial dan skala Self Efficacy. Kedua skala tersebut telah diuji menggunakan koefisien validitas isi serta diukur daya bedanya menggunakan Corrected Item-Total Correlation dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik uji korelasi untuk melihat ada atau tidaknya hubungan diantara kedua variabel. Uji regresi dilakukan dalam penelitian untuk melihat seberapa besar pengaruh kekuatannya. Hasil uji korelasi yang diperoleh menunjukan hasil 0.253 dan nilai signifikan sebesar p = 0.008 ( P < 0.05 ). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan diantara variabel Dukungan Sosial dan Self Efficacy, dan memiliki bentuk hubungan yang positif. Hasil uji regresi menunjukkan konstanta sebesar 0.215. Saran yang diberikan yaitu guru selain menyampaikan materi pelajaran, perlu juga memiliki peran untuk memberikan dukungan dan motivasi pada siswa. Kata Kunci: Self Efficacy, Dukungan Sosial, Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Metode Belajar Ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Astrid Brenda Maharani |
Date Deposited: | 25 May 2023 01:29 |
Last Modified: | 25 May 2023 01:29 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/20762 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year