Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Perdana, Julius Donny (2021) Perlindungan Hukum Pengguna Jasa Parkir Terhadap Klausula Baku (PT. Securindo Packatama Indonesia). Undergraduate thesis, Univeritas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710115263_Julius Donny Perdana_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
201710115263_Julius Donny Perdana_BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
201710115263_Julius Donny Perdana_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
201710115263_Julius Donny Perdana_BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
201710115263_Julius Donny Perdana_Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB)
[img] Text
201710115263_Julius Donny Perdana_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)

Abstract

Fasilitas parkir adalah tempat khusus bagi kendaraan untuk berhenti demi keselamatan. Jika parkir terlalu jauh dari tujuan maka orang akan beralih ke tempat lain. Masalah parkir telah menimbulkan persoalan yang cukup meresahkan dibanyak kota besar tepatnya di DKI Jakarta karena Kehilangan kendaraan dilokasi parkir pasti tidak diinginkan oleh pemiliknya. Dalam praktiknya, memang umum dijumpai pengelola parkir yang memasang tulisan “Kehilangan barang bukan menjadi tanggung jawab pengelola parkir”, ketentuan tersebut mengindikasikan pelaku usaha berusaha mengalihkan tanggung jawab yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya berpindah menjadi tanggung jawab konsumen. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian yuridis normatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penulisan Penelitian Hukum ini menggunakan metode pendekatan yakni Pendekatan Kasus dan Pendekatan Perundang-undangan yang mana pendekatan yang digunakan adalah berdasarkan kasus yang terjadi serta terjadi pengesampingan atas prinsip klausula yang diabaikan pendekatan yuridis normatif yang bersifat deskriptif yaitu penelitian yang meneliti perkara dalam Klausula Baku yang tercantum pada karcis parkir Berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Hasil penelitian yang penulis dapatkan, Secure Parking sebagai penyedia jasa parkir seharusnya memenuhi unsur kewajiban sebagai badan penyedia jasa parkir yang sesuai dengan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Pada prakteknya pihak PT Securindo Packatama Indonesia yang selaku pelaku usaha perparkiran mengabaikan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen serta hanya berpedoman pada Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 5 Tahun 2012 dalam membuat klausula baku (eksonerasi) yang tercipta dikarcis parkir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:31
Last Modified: 25 Jul 2023 03:31
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/22744

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year