Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Rabbany, Rifat Syauqy (2023) Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Dengan Menggunakan Permainan Hadang Terhadap Siswa Kelas IV Di SDIT Hasani. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810625009_Rifat Syauqy Rabbany_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201810625009_Rifat Syauqy Rabbany_BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
201810625009_Rifat Syauqy Rabbany_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text
201810625009_Rifat Syauqy Rabbany_BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
201810625009_Rifat Syauqy Rabbany_Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
201810625009_Rifat Syauqy Rabbany_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini karena perlu adanya peingkatan dari gerak dasar lokomotor para SISWA KELAS IV DI SDIT HASANI KABUPATEN BEKASI. Penyebabnya adalah mereka merasa bosan dengan proses belajar yang monoton dan tidak menggunakan metode pembalajaran yang bervariasi. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti menawarkan menggunakan metode permainan hadang untuk diterapkan kepada siswa. Model dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Hasani Kabupaten Bekasi tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 16 siswa, yang terdiri dari 7 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian tindakan menggunakan siklus penelitian model Kemmis dan Mc Taggart, dimana setiap siklus mempunyai langkah-langkah yang sistematis yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut, terdapat peningkatan dari pratindakan ke siklus I dan ke siklus II yang jika dibandingkan dengan tabel kriteria ketuntasan hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar pada pratindakan yaitu hanya mencapai 5 siswa atau 31,25% yang mencapai KKM dan yang tidak lulus terdapat 11 siswa dengan persentase 68,75%. Setelah itu pada siklus I, terdapat peningkatan yaitu 7 siswa atau 43,75% siswa mencapai KKM, sedangkan terdapat 9 siswa dengan persentase 56,25 % siswa yang belum mencapai KKM. Dikarenakan belum mencapai target persentase keseluruhan (70%), maka perlu adanya tindak lanjut pada siklus II. Pada siklus II, terdapat 12 siswa dengan persentase 75% yang sudah lulus atau sudah memenuhi nilai KKM dan terdapat 4 siswa atau 25% yang masih belum tuntas memenuhi nilai KKM. Dengan ini terdapat peningkatan mulai dari pratindakan, siklus 1 dan siklus 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:53
Last Modified: 26 Dec 2023 17:53
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25293

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year