Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Shakira, Dania Adhies (2023) Pengaruh Metode Mind Mapping pada Materi Siklus Air terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910615050_Dea Susi Nuraini_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (854kB)
[img] Text
201910615050_Dea Susi Nuraini_BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
201910615050_Dea Susi Nuraini_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201910615050_Dea Susi Nuraini_BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
201910615050_Dea Susi Nuraini_Daftar pUstaka.pdf

Download (499kB)
[img] Text
201910615050_Dea Susi Nuraini_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah, terlihat bahwa dari aspek pengetahuan 35%, pemahaman 30%, perhatian 60%, kesungguhan 45%, antusias 50%, dan aktivitas belajar 40%. Maka angka tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar yang dimiliki siswa cenderung rendah. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SDN Perwira III. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen, dengan melihat hasil pretest dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa di SDN Perwira III kelas V/C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V/B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes objektif dan dokumentasi sebagai pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis inferensial. Adapun hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan metode mind mapping pada materi siklus terhadap hasil belajar siswa kelas V/C di SDN Perwira III, dengan taraf asymp. signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima dan juga terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan metode mind mapping dengan siswa yang menggunakan metode diskusi dengan taraf asymp. signifikansi 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dalam pembelajaran IPA kedepannya guru diharapkan dapat mengembangkan metode mind mapping pada pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:49
Last Modified: 27 Dec 2023 02:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25303

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year