Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Hatami, Mada (2021) Analisis Sistem Antrian Pelayanan Cuci Mobil di CV. Auto Cibubur dengan Menggunakan Metode Antrian dan Promodel. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201710217005_Mada Hatami_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201710217005_Mada Hatami_BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
201710217005_Mada Hatami_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201710217005_Mada Hatami_BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
201710217005_Mada Hatami_Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] Text
201710217005_Mada Hatami_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

CV Auto Cibubur merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yang menyediakan berbagai pelayanan salah satunya cuci mobil. Dalam usahanya mengalami perkembangan jumlah pelanggan, sehingga terjadi masalah antrian dikarenakan hanya memiliki 1 fasilitas cuci mobil. Pelanggan yang berdatangan untuk cuci mobil rata rata dalam sehari mencapai 12 mobil dengan rata-rata waktu konsumen dalam sistem yang cukup lama yaitu 67,26 menit. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengukur performasi yang optimal dan menentukan jalur pelayanan yang optimal dengan menggunakan hitungan teori antrian dan software Promodel. Penggunaan model antrian dapat membantu dalam menganalisis sistem antrian agar proses pelayanan transaksi dapat berjalan secara optimal berdasarkan jumlah kedatangan dan lamanya pelayanan. Sistem antrian yang digunakan dalam meneliti kondisi di CV Auto Cibubur dengan menggunakan metode Single Channel-Single Phase , Multi Channel-Single Phase 2 – 3 Server dan software Promodel. Hasil dari metode struktur antrian rata-rata waktu konsumen dalam sistem dari 67,26 menit menjadi 56,8 menit dengan 2 server dan 46,5 dengan 3 server. Sehingga dapat diambil kesimpulan, system pelayanan antrian yang optimal yaitu dengan menggunakan model struktur antrian Multi Channel – Single Phase 3 Server untuk mengurangi antrian pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri > Pengendalian Kualitas
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:40
Last Modified: 25 Jan 2024 04:40
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/26301

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year