Fitria, Halvia (2023) Analisis semiotika nilai-nilai Islam pada iklan televisi produk skincare kahf versi "kahf triple action oil and comedo defence". Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910415356_Halvia Fitria_Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
201910415356_Halvia Fitria_BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Text
201910415356_Halvia Fitria_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
|
Text
201910415356_Halvia Fitria_BAB V.pdf Download (153kB) |
|
Text
201910415356_Halvia Fitria_Daftar Pustaka.pdf Download (235kB) |
|
Text
201910415356_Halvia Fitria_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya nilai-nilai Islam yang terkandung pada iklan televisi produk skincare Kahf versi “Kahf triple action oil and comedo defence” yang dianalisis menggunakan teori semiotika dari John Fiske dengan tiga level, yaitu realitas, representasi, dan ideologi, untuk mengetahui makna nilai-nilai Islam yang dimunculkan. Nilai-nilai Islam yang dimaksud ialah nilai-nilai Islam secara umum dan moderasi nilai-nilai Islam yang digambarkan melalui adeganadegan pada iklannya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan semiotika John Fiske. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, bahan visual, dan studi pustaka. Hasil yang didapatkan bahwa makna nilai-nilai Islam yang ada pada iklan Kahf terbentuk dari saling menunjangnya segala hal yang ada pada penampilan iklan Kahf diantaranya yaitu dari kostum, tempat, suara dan pengambilan gambar dari level realitas. Kemudian nilai-nilai Islam pada level representasi yaitu pada sudut pengambilan gambar, ukuran gambar, back sound, dan gerakan kamera. Serta pada level ideologi yaitu digambarkan melalui adegan-adegan yang mengindikasikan pada praktik ibadah dan kehidupan sosial seorang Muslim. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan pada iklan Kahf versi Kahf triple action oil and comedo defence adalah kegiatan sehari-hari seorang muslim dapatt menjadi contoh untuk para audiens yang melihatnya, sehingga iklan Kahf tidak hanya sebagai media informasi produknya saja, namun menjadi media kampenye Kahf dari tagline-nya #jalanyangkupilih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Divisions: | Fakultas Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 04:50 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 04:50 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28228 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year