Sholeh, Shohibus (2023) Pola Komunikasi Interpersonal Dalam Transaksi Produk Thrifting di Pasar Senen Jakarta. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.
Text
201910415052_Shohibus Sholeh_Cover - Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
201910415052_Shohibus Sholeh_BAB I.pdf Download (529kB) |
|
Text
201910415052_Shohibus Sholeh_BAB II, III, IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
201910415052_Shohibus Sholeh_BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
201910415052_Shohibus Sholeh_Daftar Pustaka.pdf Download (468kB) |
|
Text
201910415052_Shohibus Sholeh_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Fenomena thrifting merupakan sebuah fenomena yang akhir-akhir ini sedang booming, fenomena thrifting begitu meledak karena didukung oleh perkembangan media digital yang luas melalui internet. Kaitan thrifting dengan komunikasi interpersonal yakni dalam konteks transaksional, ketika seseorang ingin berbelanja pakaian bekas otomatis mereka melalukan komunikasi interpersonal antara dirinya dengan pedagang, peneliti ingin mengetahui pola komunikasi seperti apa yang digunakan antara penjual dan pembeli di Pasar Senen Jakarta sehingga menciptakan sebuah proses transaksi, lalu mengidentifikasi hambatan pada pola komunikasi interpersonal. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola komunikasi, komunikasi interpersonal, transaksi, dan aktivitas berbelanja thrifting. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang digunakan dalam transaksi produk thrifting berupa komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal, dan pola komunikasi yang efektif dalam penyampaian pesan dan proses negosiasi adalah pola komunikasi primer, selain itu terdapat pola komunikasi sekunder, yaitu proses komunikasi antar penjual yang tergabung dalam group whats app, fungsi dari group ini adalah untuk penyampaian pesan atau informasi terkait fasilitas, dan langsung melaporkan jika terdapat kerusakan fasilitas yang terjadi di Pasar Senen Jakarta. dalam kesimpulan bahwasannya terjadi pola komunikasi antara penjual dan pembeli ketika bertransaksi dengan menggunakan komunikasi verbal dan non-verbal, dan terdapat pola komunikasi sekunder antar pedagang untu berkoordinasi satu sama lain terkait kerusakan fasilitas yang ada di Pasar Senen Jakarta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi > Jurnalisme Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Komunikasi > Humas / Public Relation |
Depositing User: | Admin Repositori |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 04:56 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 04:56 |
URI: | http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/28320 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year