Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Hasim, Nadila (2019) Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Terhadap Disiplin Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201510515121_Nadila Hasim_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
201510515121_Nadila Hasim_BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
201510515121_Nadila Hasim_BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
201510515121_Nadila Hasim_BAB V.pdf

Download (232kB)
[img] Text
201510515121_Nadila Hasim_Daftar Pustaka.pdf

Download (97kB)
[img] Text
201510515121_Nadila Hasim_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)

Abstract

Seorang siswa memiliki kewajiban untuk mematuhi semua peraturan yang berlaku disekolah. Namun, kerapkali siswa melakukan penyimpangan dengan melakukan hal-hal yang melanggar peraturan. Perilaku melanggar aturan tersebut disebut sebagai perilaku yang kurang disiplin. Jika dibiarkan, maka keadaan tersebut dapat menyebabkan kondisi yang tidak kondusif sehingga dapat mengganggu proses belajar mengajar. Bahkan jika terus dibiarkan, siswa bisa jadi melakukan perilaku yang kurang disiplin diluar lingkungan sekolah. Agar siswa mampu mengembangkan disiplin dalam dirinya, dibutuhkan adanya dukungan atau perhatian dari guru terhadap siswa yang disebut sebagai dukungan sosial guru dalam kajian ilmu psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Terhadap Disiplin Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah metode Probability Sampling dan teknik Simple Random Sampling dengan sampel penelitian sebanyak 194 subjek terdiri dari siswa kelas XI IPA dan IPS. Hasil penelitian menunjukan nilai koefisien korelasi antara dukungan sosial guru dengan disiplin tata tertib sekolah sebesar r=0,170 dan p=0,070 (p>0,05). Hal ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial guru dengan disiplin tata tertib sekolah. Semakin tinggi (positif) dukungan sosial guru maka semakin tinggi disiplin tata tertib sekolah dan begitu pula sebaliknya, semakin rendah (negatif) dukungan sosial guru maka semakin rendah pula disiplin tata tertib sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Astrid Brenda Maharani
Date Deposited: 29 May 2023 05:48
Last Modified: 29 May 2023 05:48
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/21303

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year