Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Saputra, Bagas (2023) Perbedaan Psychological Well-being pada Mahasiswa Psikologi yang Kuliah Sambil Bekerja dan Tidak Bekerja. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201910515111_Bagas Saputra_Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
201910515111_Bagas Saputra_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
201910515111_Bagas Saputra_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
201910515111_Bagas Saputra_BAB V.pdf - Published Version

Download (963kB)
[img] Text
201910515111_Bagas Saputra_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
201910515111_Bagas Saputra_Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dan tidak bekerja merupakan dua peran mahasiswa yang sedang mengejar pendidikan tinggi dari keduanya bisa menjadi permasalahan yang berkaitan dengan mahasiswa tersebut yang secara tidak langsung dapat memengaruhi Psychological Well-being. Psychological well-being merupakan suatu pencapaian penuh dari potensi psikologis individu yang dapat menerima kekuatan dan kelemahan dalam diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak perbedaan Psychological Well-being pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dan tidak bekerja. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif komperatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa bekerja dan tidak bekerja di Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Sampel dalam penelitian ini di ambil dari sebagian populasi 100 responden. Teknik sampling yang di gunakan adalah quota sampling. Uji validitas yang di gunakan adalah validitas isi dan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Hasil penelitian menggunakan analisis sampel T-Test kemudian jika tidak berdistribusi normal maka menggunakan uji beda Maan Whitneyy Test menunjukan bahwa variabel Psychological Well-being memperoleh signifikan 0.000 (p<0,05), yang artinya terdapat perbedaan Psychological Well-being pada mahasiswa psikologi yang kuliah sambil bekerja dan tidak bekerja. Hipotesis yang diajukan oleh peneliti dapat diterima dengan menyebutkan adanya perbedaan Psychilogical Well-being pada mahasiswa psikologi yang kuliah sambil bekerja dan tidak bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Yulia Fitriani, S.Psi., M.A., Dr. Yuarini Wahyu Pertiwi, S.Psi., S.H., M.Psi., Psikolog.
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Arif Syamsudin
Date Deposited: 26 Nov 2023 20:48
Last Modified: 26 Nov 2023 20:48
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/24401

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year