Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Wati, Dewi Sinta (2022) Penerapan Metode Sugesstopedia Melalui Media Musik Instrumental Untuk Meningkatkan Kreativitas Menulis Karangan Narasi Berbasis Ekoliterasi Di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615107_Dewi Sinta Wati_Cover - Daftar Pustaka.pdf

Download (977kB)
[img] Text
201810615107_Dewi Sinta Wati_BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
201810615107_Dewi Sinta Wati_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810615107_Dewi Sinta Wati_BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
201810615107_Dewi Sinta Wati_Daftar Pustaka.pdf

Download (406kB)
[img] Text
201810615107_Dewi Sinta Wati_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada permasalahan menulis karangan narasi siswa yang ada pada SDN Teluk Pucung VI, permasalahan yang ada yaitu terkait dengan kesulitan siswa dalam berkreativitas terutama pada menulis karangan narsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 23 siswa dengan harapan mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi berbais ekoliterasi. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 hari dan menggunakan 2 siklus, yang dimana pada penelitian ini peneliti menggunakan metode suggestopedia, untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi. Adapun hasil yang di peroleh dari penelitian ini yaitu lebih meningkatnya aktivitas guru ketika mengajar, meningkatnya aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, meningkatnya hasil belajar siswa terutama dalam membuat karangan narasi, dan meningkatnya kreativitas siswa dalam membuat karangan narasi, hasil ini diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi guru dan siswa yang dilakukan ketika penelitian. Hasil yang diperoleh pada penelitian mulai dari prasiklus yaitu memiliki nilai rata-rata kelas 60,2 dan pada siklus 1 meningkat yaitu 66,5. Tetapi pada siklus 1 masih terdapat 54 % atau 13 siswa yang belum tuntas dalam menulis karangan narasi berbasis ekoliterasi, dan 46% atau 11 siswa sudah tuntas dalam menulis karangan narasi berbasis ekoliterasi dengaan menggunakan metode suggestopedia. Pada siklus 2 sudah meningkat dari prasiklus dan siklus 1, pada siklus 2 terdapat 19 siswa atau 83% siswa dari 23 jumlah siswa yang sudah mendapatkan nilai di atas KKM. Tetapi masih terdapat 4 siswa atau 17% siswa yang belum mencukupi nilai KKM. Dalam penelitian ini sudah mencapai 75% dengan jumlah karangan narasi 23 karya yang sudah di buat oleh siswa kelas IV SDN Teluk Pucung VI. Dapat disimpulkan bahwa metode suggestopedia dalam pembelajaran menulis karangan narasi berbasis ekoliterasi terbukti efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis karangan narasi. Kata kunci: karangan narasi, kreativitas, suggestopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:47
Last Modified: 26 Dec 2023 17:47
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25211

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year