Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Yanti, Novia Dwi (2022) Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Menggunakan Metode Drill Pada Siswa Kelas II SDN Harapan Baru I Kota. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615019_Novia Dwi Yanti_Cover-Daftar Isi.pdf

Download (790kB)
[img] Text
201810615019_Novia Dwi Yanti_BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
201810615019_Novia Dwi Yanti_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
201810615019_Novia Dwi Yanti_BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
201810615019_Novia Dwi Yanti_Daftar Pustaka.pdf

Download (471kB)
[img] Text
201810615019_Novia Dwi Yanti_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung menggunakan metode drill pada siswa kelas IIA SDN Harapan Baru I. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IIA SDN Harapan Baru I yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan yang diperoleh adalah sebagai berikut: (a) guru melakukan pembelajaran secara interaktif sehingga proses pembelajaran dari siklus I sampai siklus III dapat berjalan dengan baik, (b)siswa memperhatikan guru menjelaskan materi pelajaran, aktif bertanya, tertib dan semangat mengikuti pembelajaran dan siswa dapat menulis tegak bersambung sesuai dengan aturan penulisan, (c) metode drill yang digunakan dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat, pada pra tindakan semua siswa tidak ada yang tuntas dengan nilai rata-rata 44,85 dengan nilai tertinggi 68 dan nilai terendah 34, kemudian setelah dilakukannya tindakan pada siklus I meningkat menjadi 57,35 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 34. Jumlah siswa yang tuntas 2 orang atau 10% dan jumlah siswa yang tidak tuntas 18 orang atau 90%, kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa 68,95 dengan nilai tertinggi 91 dan nilai terendah 39. Jumlah siswa yang tuntas 8 orang atau 40% dan siswa jumlah yang tidak tuntas 12 orang atau 60% dan pada siklus III meningkat dengan nilai ratarata siswa 82,7 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 51. Jumlah siswa yang tuntas 17 orang atau 85% dan jumlah yang tidak tuntas 3 orang atau 15%. Kata Kunci: Menulis Tegak Bersambung, Metode Drill, Penelitian Tindakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:49
Last Modified: 26 Dec 2023 17:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25238

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year