Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Toruan, Novianti Lumban (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Pada Materi Gaya. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615071_Novianti Lumban Toruan_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615071_Novianti Lumban Toruan_BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
201810615071_Novianti Lumban Toruan_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
201810615071_Novianti Lumban Toruan_BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
201810615071_Novianti Lumban Toruan_Daftar Pustaka.pdf

Download (252kB)
[img] Text
201810615071_Novianti Lumban Toruan_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa tentang konsep IPA disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam berinteraksi baik antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa, sehingga tujuan penelitian ini untuk pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sriamur 01 pada materi gaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek yaitu Guru Kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri Sriamur 01. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen berjumlah 36 siswa, dan kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode tes hasil belajar IPA siswa di SD berupa soal pilihan ganda, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, taraf signifikan 5% = 0,05. Analisis inferensial merupakan teknik analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah hipotesis dalam penelitian diterima atau ditolak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi gaya. Hal ini ditunjukkan pada hasil rata-rata nilai kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan pembelajaran GQGA yaitu 85,11, dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan pembelajaran konvensional yaitu 73,89. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-thailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Giving Question and Getting Answer (GQGA), Hasil Belajar, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:49
Last Modified: 26 Dec 2023 17:49
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25239

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year