Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Hidayanti, Rahma (2022) Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Wayang Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III SDN Sukamaju 03 Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615075_Rahma Hidayanti_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615075_Rahma Hidayanti_BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
201810615075_Rahma Hidayanti_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text
201810615075_Rahma Hidayanti_BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
201810615075_Rahma Hidayanti_Daftar Pustaka.pdf

Download (323kB)
[img] Text
201810615075_Rahma Hidayanti_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangin oleh rendahnya terampil dalam menyimak siswa yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak berbantuan media wayang kertas di kelas III SDN Sukamaju 03 Kabupaten Bekasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi yang mengunakan desain model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subjek penelitian yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, tes keterampilan menyimak dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancana dan lembar tes keterampilan menyimak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa median wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas III SDN Sukamaju 03 Kabupaten Bekasi. Peningkatan keterampilan menyimak dilihat dari nilai rata-rata sebelum diberi tindakan pada praobservasi sebesar 67 dengan persentase 37%, setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 70 dengan persentase 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 77 dengan persentase kriteria ketuntasan sebesar 88% dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media wayang kertas dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas III SDN Sukamaju 03 Kabupaten Bekasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:50
Last Modified: 26 Dec 2023 17:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25245

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year