Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Viola, Rut Vivi (2022) Peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan metode latihan berbantuan media Big Book pada siswa kelas 1 SDN Teluk Pucung 1. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615066_Rut Vivi Viola_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201810615066_Rut Vivi Viola_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
201810615066_Rut Vivi Viola_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
[img] Text
201810615066_Rut Vivi Viola_BAB V.pdf

Download (947kB)
[img] Text
201810615066_Rut Vivi Viola_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615066_Rut Vivi Viola_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya permasalahan yaitu rendahnya keterampilan menyimak teks narasi sejarah siswa kelas VB yang diduga oleh penggunaan media pembelajaran yang belum optimal. Sehingga tujuan penelitian ini guna meningkatkan keterampilan menyimak teks narasi sejarah melalui media video animasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VB SDN Karang Sari 01 yang berjumlah 31 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; (a) guru melakukan pembelajaran secara interaktif dengan menggunakan penerapan media video animasi pada pembelajaran menyimak teks narasi sejarah sehingga proses pembelajaran pada siklus I, siklus II serta siklus III memberikan peningkatan pada hasil belajar siswa. (b) siswa menjadi lebih disiplin dalam mengikuti pembelajaran, hal ini ditunjukkan dari aktivitas siswa selama mengikuti proses belajar mengajar pada siklus I, siklus II serta siklus III dengan kriteria baik. (c) media pembelajaran video animasi yang digunakan secara keseluruhan dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat dari siklus I siswa hanya mampu mencapai rata-rata nilai 61,2 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 69,6 dan pada siklus III mencapai 80,1 nilai rerata yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:50
Last Modified: 26 Dec 2023 17:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25251

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year