Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Institutional Repositories

Safitri, Safitri (2022) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deduktif Menggunakan Teknik Example non-Example Peserta Didik Kelas VA SDN Sukarapih 02 Tambelang Bekasi. Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

[img] Text
201810615063_Safitri_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
201810615063_Safitri_BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
201810615063_Safitri_BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
201810615063_Safitri_BAB V.pdf

Download (177kB)
[img] Text
201810615063_Safitri_Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text
201810615063_Safitri_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf deduktif mengunakan teknik Example non-Example yang dilakukan oleh guru kelas VA SDN Sukarapih 02 Tambelang, dan proses penerapan teknik Example non-Example untuk dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf deduktif kelas VA SDN Sukarapih 02 Tambelang. Keterampilan menulis paragraf deduktif merupakan keterampilan menulis sebagai salah satu jenis keterampilan berbahasa untuk dapat mengungkapkan gagasan yang dikuasai oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan menggunakan model penelitian tindakan Kemmis dan Mc. Taggart. Model ini pada hakikatnya terdiri dari empat komponen yaitu: Perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes menulis, lembar pengamatan atau observasi dan wawancara. Instrumen penelitian ini menentukan untuk pengumpulan data penelitian, instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar penilaian, lembar observasi, dan wawancara. Dalam penelitianan ini, penelitian mengamati kegiatan pembelajaran dan kegiatan selama proses pembelajaran. Penelitian dilakukan pada kelas VA. Karena pada saat pratindakan masih banyak yang tidak mengerti cara menulis paragraf yang baik dan benar, masih banyak juga yang tidak mengetahui cara menentukan ide pokok dan kalimat pendukung pada sebuah paragraf. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis paragraf deduktif kelas VA SDN Sukarapih 02 Tambelang terdapat peningkatan dalam pembelajaran dengan menggunakan teknik Example non-Example. Nilai keterampilan menulis paragraf deduktif sangat meningkat dengan memberikan teknik Example non-Example dalam kegiatan pembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Sosial > Kebudayaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Repositori
Date Deposited: 26 Dec 2023 17:50
Last Modified: 26 Dec 2023 17:50
URI: http://repository.ubharajaya.ac.id/id/eprint/25252

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year